Total Tayangan Halaman

Selasa, 17 April 2012

Tugas Indivdu Manajemen Keuangan I

TUGAS INDIVIDU
1.       Jelaskan pengertian hutang dagang !
Jawab :
Hutang dagang adalah kewajiban kepada pihak lain yang timbul karena adanya pembelian barang/jasa secara kredit.

2.       Jelaskan pengertian biaya-biaya akrual dan berikan contohnya !
Jawab :
Biaya-biaya akrual adalah kewajiban akan barang dan jasa yang telah diperoleh atau dinikmati tetapi belum dibayarkan, biaya yang sebenarnya belum menjadi biaya tetapi telah dicatat sebagai biaya.
Contoh :
·         Upah biasanya dibayarkan ke karyawan pada akhir bulan setelah mereka menyelesaikan pekerjaan mereka.
·         Biaya air, listrik, dan telepon biasanya dibayar setelah 1 bulan pemakaian.

3.       Jelaskan penilaian 7P dalam prinsip pemberian kredit !
Jawab :
a.       Personality
Yaitu menilai nasabah dari segi kepribadiannya atau tingkahlakunya sehari-hari maupun masa lalunya. Personality juga mencangkup sikap, emosi, tingkah laku dan tindakan dalam menghadapi suatu masalah.

b.       Party (Para Pihak)
Para pihak merupakan titik sentral yang diperhatikan dalam setiap pemberian kredit. Untuk itu bank sebagai pihak pemberi kredit harus memperoleh suatu kepercayaan terhadap debitur, bagaimana karakternya, kemampuannya, dan sebagainya.
                                               
c.       Purpose (Tujuan)
Yaitu untuk mengetahui tujuan nasabah dalam mengambil kredit termasuk jenis kredit yang diinginkan nasabah, dan harus pula diawasi agar kredit tersebut benar-benar diperuntukkan untuk tujuan seperti diperjanjikan dalam suatu perjanjian kredit.


d.       Payment (Pembayaran)
Merupakan ukuran bagaimana cara debitur mengembalikan kredit yang telah diambil, sehingga dengan demikian diharapkan bahwa kredit yang akan diberikan tersebut dapat dibayar kembali oleh debitur yang bersangkutan. Semakin banyak sumber penghasilan debitur maka akan semakin baik.

e.       Profitability (Perolehan Laba)
Untuk menganalisis bagaimana kemampuan debitur dalam mencari laba. Bank harus berantisipasi apakah laba yang akan diperoleh oleh perusahaan lebih besar daripada bunga pinjaman dan apakah pendapatan perusahaan dapat menutupi pembayaran kredit.

f.        Protection (Perlindungan)
Tujuannya adalah bagaimana menjaga agar usaha dan jaminan mendapatkan perlindungan. Perlindungan dapat berupa jaminan barang, orang, atau jaminan asuransi.

g.       Prospect
Yaitu untuk menilai usaha debitur dimasa yang akan datang menguntungkan atau tidak, hal ini penting mengingat jika fasilitas kredit yang dibiayai tanpa mempunyai prospect, bukan hanya bank yang akan rugi tetapi juga nasabah.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar